Entri yang Diunggulkan

Kerajinan Tempat Pensil Berdiri Berbentuk Roket

Email Saya ASSALAMUALAIKUM WR.WB..        Hai sobat! Kembali lagi bersama saya. Kali ini saya akan menyampaikan hasil karya saya yang ...

Rabu, 13 September 2017

Kerajinan Tempat Pensil Berdiri Berbentuk Roket

Email Saya
ASSALAMUALAIKUM WR.WB..

       Hai sobat! Kembali lagi bersama saya. Kali ini saya akan menyampaikan hasil karya saya yang baru saja saya buat yaitu, kerajinan tempat pensil berdiri yang terbuat dari barang bekas. Ya…..ini merupakan tugas sekolah yang utamanya pada mata pelajaran Prakarya. 
     Apa sih tujuan dari kegiatan ini? Nah, bertepatan dengan sekolah saya yang sudah menjadi sekolah Adiwiyata Propinsi dan sekarang sudah on the way Adiwiyata Nasional tentunya masalah sampah atau barang bekas menjadi suatu sorotan. Bagaimana sekolah bias memanfaatkan sampah atau barang bekas pakai yang masih bias digunakan supaya menjadi barang yang berguna, bermanfaat, unik, estetik, dan bernilai jual tinggi. Maka untuk membantu mengatasi masalah tersebut, saya disini akan memberikan salahsatu cara yang bias dilakukan utuk mengatasi sampah yang bias didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.

Kerajinan Tempat Pensil Berdiri Berbentuk Roket

      Bagi anda yang suka dengan kerajinan, mungkin kerjinan berikut dapat menjadi pilihan karena memang cara membuatnya mudah dan murah.

     Kerajinan ini memiliki fungsi yaitu bagi anda yang senang menulis diatas meja, mungkin kerajinan ini bisa menjadi tempat peralatan menulis seperti pensil, pena, dan penghapus. Cara membuatnya cukup mudah, karena hanya terbuat dari kertas dan CD bekas. Dengan adanya tempat pensil yang unik ini, mungkin dapat meningkatkan semangat menulis anda dan dapat meningkatkan estetika pada meja anda.

      Kerajinan ini bisa anda buat lalu anda jual. Harga jual biasanya antara 5 ribu sampai 10 ribu, tergantung kerumitan. Lumayankan bisa anda buat bisnis sampingan...
       
   Nah sudah ga sabar? Langsung saja kita menuju ke prosedur pengerjaan. 

CARA MEMBUAT TEMPAT PENSIL BERDIRI 
BERBENTUK ROKET DARI BARANG BEKAS

I. Alat dan Bahan :

      a . Alat :
                    1. Penggaris
                    2. Pena/Pensil
                    3. Gunting
                    4. jangka

      b. Bahan :
                    1. Kertas kotak makanan bekas
                    2. Kertas wadah susu cair bekas
                    3. Lem G atau lem lain
                    4. Cat minyak atau cat air
                    5. CD bekas

II. Cara kerja:


1. Potong kertas kotak makanan hingga menjadi bagian yang panjang dan begitu pula untuk           kertas bekas wadah susu bekas.

2. Bentuk potongan kertas kotak makanan dengan ukuran tinggi kurang lebih 15 cm dan lebar kurang lebih 15 cm juga, bisa juga sesuai dengan konsep dari anda. Bagian ini akan dibuat sebagai badan roket.

3. Bentuk potongan kertas tersebut menjadi bentuk tabung (badan Roket) dengan melekatkan kedua ujung lalu lem dengan lem G dan tutup bagian bawah tabung dengan menggunakan kertas tempat makanan.

4. Ambil sisa potongan kertas tempat makan (yang berbentuk unik) melingkar di bagian bawah kertas berbentuk tabung (supaya lebih menarik) dan rekatkan dengan lem.

5. Buat sayap dengan menggunakan kertas wadah susu sesuai gambar atau sesuai keinginan yang berjumlah 3 sayap atau bisa sesuka anda.

6. Rekatkan sayap dengan menggunkan lem ke bagian bawah kertas berbentuk tabung dengan meletakkan dengan jarak yang sama antar sayap, supaya lebih kuat berikan siku pada masing-masing sisi sayap (seperti pada gambar)

7. Buatlah rumahan pensil (seperti gambar) dengan menggunakan kertas wadah susu sebagai tempat pensil masuk dan diletakkan, lalu rekatkan dengan lem.

8. Berikan alas pada bagian bawah dari rumahan pensil diletakkan (seperti gambar) supaya pensil tidak terjatuh, lalu rekatkan dengan menggunakan lem.

9. Buatlah bagian ujung roket (yang berbentuk lancip) dengan menggunakan kertas wadah susu. Pasang ke ujung badan roket, namun bagian ini sebagai tutup yang bisa dibuka dan ditutup kembali.

10.Ambil CD bekas dan gunakan sebagai alas supaya roket tidak mudah roboh dengan cara merekatkan pada bagian bawah sayap.

11. Setelah semua terpasang, warnai roket dengan cat minyak maupun cat air sesuai kenginan dan kesukaan hati.

        Nah, itulah alat dan bahan serta cara untuk membuat kerajinan tenpat pensil berdiri berbentuk roket dari barang bekas. Tempat pensil tersebut hanya dapat diisi 3 buah pena/pensil pada bagian rumah pensil yang melekat pada badan roket dan dapat diisi 3 buah pensil saja pada bagian tempat pensil yang ada di bagian ujung roket.

        Sekian sedikit hal yang bias saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi jumlah sampah yang seharusnya dimanfaatkan tetapi tidak termanfaatkan. Salam Adiwiyata……

         Silakan di like dan di share ke teman kalian, siapa tau mereka juga membutuhkan hehehe …….

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT BERKUNJUNG

Terima Kasih atas kunjungan Anda, semoga Anda terhibur dan dapat memetik pelajaran dari blog ini.

Jangan lupa Share ke teman atau saudara kalian....Terima Kasih

Powered By Blogger

bismania.org

Komunitas Penggemar Bus Indonesia

Daftar Blog Saya